Sintaks Pembelajaran Guided Discovery
Kegiatan-kegiatan pembelajaran (learning activities).
a. Motivasi (motivation).
Bagian dari proses kegiatan pembelajaran yang selalu memperhatikan apakah motivasi “spesial” dibutuhkan. Hal ini diperlukan untuk menarik minat dan keingintahuan siswa untuk belajar.
b. Pengumpulan Data (data collection).
Kegiatan pembelajaran dimana guru harus yakin bahwa semua siswa melakukan kegiatan eksperimen dan pengamatan terlibat. Pada tahap ini, data yang dikumpulkan harus lebih dari satu data, karena digunakan untuk merangsang pemikiran siswa tentang satu rangkaian pengamatan.
c. Pemprosesan data (data processing).
Bagian kegiatan pembelajaran dimana data yang didapatkan di analisis atau di olah sehingga didapatkan suatu kesimpulan atau prinsip yang ingin ditemukan. Kegiatan ini adalah bagian yang penting dari pembelajaran Discovery atau penemuan. Kegiatan ini diperlukan suatu diskusi untuk mendiskusikan sesuatu yang berbeda dari data yang didapatkan dalam pengamatan. Idealnya, pengolahan data berlangsung seketika setelah pengumpulan data, selagi pengalaman masih segar dalam memori siswa.
d. Kegiatan penutup (closure).
Bagian dari proses kegiatan pembelajaran yang meminta siswa untuk menarik kesimpulan yang mereka dapatkan. Untuk pengembangan berfikir lebih lanjut, maka guru dapat melanjutkan menutup pelajaran dengan suatu pertanyaan / soal.
4. Penilaian.
Meliputi suatu pernyatan bagaimana cara penilaian “apakah tujuan pembelajaran telah tercapai”.
0 komentar:
Posting Komentar