Sabtu, 29 Oktober 2016

RPP Model Kooperatif Materi Fluida Dinamik

Contoh RPP Model Kooperatif
                 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                      Satuan Pendidikan           : SMA
                              Mata Pelajaran               : Fisika
                              Kelas / Semester           : XI / 1
                              Alokasi Waktu               : 1 x 45 menit
                              Pokok Bahasan                : Fluida Dinamik

I.                   KOMPETENSI INTI
KI 1       :Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2         :Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI3          :Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4         :Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

II.                KOMPETENSI DASAR
3.7  Menerapkan prinsip fluida dinamik dalam teknologi

III.             INDIKATOR
1.      Menjelaskan pengertian fluida dinamik, azas kontinuitas dan azas bernouli.
2.      Mengaplikasikan azas kontinuitas dan azas bernouli dalam memecahkan permasalahan.
3.      Menganalisis kecepatan air pada bejana berlubang menggunakan azas bernouli .
4.      Menganalisis data dan menyimpulkan hasil percobaan untuk menentukan kecepatan pancaran air pada bejana bocor, pengaruh ketinggian lubang bejana terhadap kecepatan pancaran air dan jarak maksimum air sesuai prosedur percobaan
5.      Menerapkan konsep fluida dinamik dalam kehidupan sehari – hari.
 
IV.             TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Dengan diberikan handout, siswa dapat menjelaskan  pengertian fluida dinamik azas kontinuitas dan azas bernouli.
2.      Dengan diberikan kuis siswa dapat mengaplikasikan azas kontinuitas dan azas bernouli dalam memecahkan suatu permasalahan yang diberikan.
3.      Dengan diberikan handout, siswa dapat menganalisis besaran kecepatan bejana berlubang menggunakan azas bernouli.
4.      Diberikan  lembar kerja siswa, siswa dapat melaksanakan percobaan  azas bernouli sesuai dengan LKS. Disediakan data hasil pecobaan azas bernouli siswa dapat:
·         Menganalisis data hasil percobaan.
·         Menyimpulkan hasil analisis untuk menentukan besarnya kecepatan pancaran air pada masing – masing ketinggian, memformulasikan pengaruh ketinggiuan  terhadap kecepatan pancaran air.
5.      Diberikan fenomena dalam kehidupan sehari – hari siswa dapat menerapkan konsep fluida dinamik dalam kehidupan sehari – hari.
V.                MATERI AJAR
Peta Konsep :


 


VI.             MODEL PEMBELAJARAN
Model / Strategi                         : Pembelajaran Kooperatif
      Tipe / Pendekatan                     :STAD (dengan melatihkan keterampilan kooperatif : bertanya, berada dalam tugas,dan  mendengarkan dengan aktif  )
Metode                                      : Ekperimen, Presentasi,  Diskusi, Tanya Jawab
VII.          INSTRUMEN PEMBELAJARAN
·         Silabus
·         RPP
·         Handout
·         Lembar Kegiatan Siswa
·         Kuis
·         Penilaian

VIII.       ALAT DAN BAHAN
·         Penggaris
·         Botol berlubang
·         Air                              
·         Meteran

IX.             KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
Kegiatan Pendahuluan (5 Menit)
Keterampilan yang Dilatihkan
Fase 1 
Motivasi
1.       Guru memberi motivasi kepada siswa,  dengan meminta salah satu siswa maju ke depan. Guru menunjukan gambar pada slide, kemudian guru menanyakan gambar apa yang ada dalam slide. Kemudian memanggil elita maju. Memberi elita balon, kemudian elita meniup balon sehingga balon mengembang, dan menanyakan mengapa balon dapat mengembang ?
Keterampilan Membuka Pelajaran
2.       Mengaitkan motivasi dengan materi yang akan dibahas dengan memberikan pertanyaan:
Dari gambar dan apa yang telah dilakukan teman mu apa materi fisika apa yang kita pelajari ?
Memberi Motivasi
3.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu untuk Menerapkan prinsip fluida dinamik dalam teknologi.
4.       Dan menyampaikan bahwa akan belajar dengan kooperatif yang melatihkan keterampilan kooperatif : bertanya, berada dalam tugas,dan  mendengarkan dengan aktif 
Menyampaikan Tujuan
Kegiatan Inti (30 Menit)
Keterampilan yang Dilatihkan
Fase 2
Mengajukan pertanyaan
1.      Guru membagi handout kepada masing-masing kelompok atau siswa.
Keterampilan Mengelola Kelas
2.      Guru meminta siswa membabaca hand out.
3.      Guru mengajukan pertanyaan tentang
a.       Apakah yang dimaksud dengan fluida dinamik ?
b.      Dalam fluida dinamik, terdapat berapa azas ?
c.       Apa contoh fluida dinamik ?
Fase 3
Berpikir Bersama
4.      Guru memberikan lembar kerja siswa kemudian membagi siswa untuk berkelompok, yang terdiri dari tiga kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari 3 siswa.
5.      Guru memfasilitasi kelompok
6.      Guru menunjuk kelompok (perwakilan) untuk mempresentasikan desain rancangan alat sesuai dengan permasalahan dan diskusi analisis hasil kerja. Kemudian kelompok yang lainnya diberi kesempatan untuk bertanya.
Keterampilan Diskusi
Kegiatan Penutup (10 Menit)
Keterampilan yang Dilatihkan
Fase 4
Menjawab

1.      Guru memberikan kuis kepada setiap siswa ( dikerjakan secara individu) untuk menentukan penghargaan setiap kelompok.
2.      Siswa mengkoreksi hasil pekerjaan temannya yang berlainan kelompok.
3.      Guru memberikan kunci jawaban kuis yang diberikan siswa mengkoreksi hasil temannya.
Keterampilan melatihkan bertanggung jawab dan berperilaku jujur
1.      Guru memberikan penghargaan kepada setiap kelompok.
2.      Guru bersama siswa menyimpulkan hasil diskusi yang telah dilakukan selam pembelajaran dengan menunjuk salah satu siswa untuk menyimpulkan hasil belajar pada pertemuan kali ini. Guru membantu siswa mengingat kembali (refleksi) dari penyelidikan dan proses yang telah berlangsung selama pembelajaran dengan memberikan pertanyaan sebagai berikut.
a.       Apa yang dimaksud fluida dinamik ?
b.      Jelaskan apakah besaran besaran yang mempengaruhi azas bernouli dalam bejana berlubang ?
c.       Menurut kalian, bagaimana kecepatan pancaran air pada ketinggian lubang yang berbeda?

Keterampilan menyimpulkan dan hasil belajar ( refleksi )









X.                PENILAIAN
Terlampir.

Mengetahui                                                                          Surabaya, 19 mei 2014                                                                                                                                                 
Kepala SMA ...................                                                       Guru Mata Pelajaran

                                                                                                                                                                                                                                                                                                            ..............................................                                               ..............................................
   NIP                                                                                       NIP                                        

0 komentar:

Posting Komentar