RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMA
Mata
Pelajaran : Fisika
Kelas /
Semester : XI / 1
Alokasi
Waktu : 1 x 45 menit
Pokok
Bahasan : Fluida Dinamik
I.
KOMPETENSI INTI
KI
1 :Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 :Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI3 :Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
KI 4 :Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
II.
KOMPETENSI DASAR
3.7 Menerapkan prinsip fluida dinamik dalam
teknologi
III.
INDIKATOR
1.
Menjelaskan pengertian fluida dinamik, azas kontinuitas dan azas
bernouli.
2.
Mengaplikasikan azas kontinuitas dan azas bernouli dalam memecahkan
permasalahan.
3.
Menganalisis kecepatan air pada bejana berlubang menggunakan
azas bernouli .
4.
Menganalisis data dan menyimpulkan hasil percobaan untuk
menentukan kecepatan pancaran air pada bejana bocor, pengaruh ketinggian lubang
bejana terhadap kecepatan pancaran air dan jarak maksimum air sesuai prosedur
percobaan
5.
Menerapkan konsep fluida dinamik dalam kehidupan sehari –
hari.
IV.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan diberikan handout, siswa dapat menjelaskan pengertian fluida dinamik azas kontinuitas dan
azas bernouli.
2.
Dengan diberikan kuis siswa dapat mengaplikasikan azas
kontinuitas dan azas bernouli dalam memecahkan suatu permasalahan yang
diberikan.
3.
Dengan diberikan handout, siswa dapat menganalisis besaran kecepatan
bejana berlubang menggunakan azas bernouli.
4.
Diberikan lembar kerja
siswa, siswa dapat melaksanakan percobaan azas bernouli sesuai dengan LKS. Disediakan
data hasil pecobaan azas bernouli siswa dapat:
·
Menganalisis data hasil percobaan.
·
Menyimpulkan hasil analisis untuk menentukan besarnya kecepatan
pancaran air pada masing – masing ketinggian, memformulasikan pengaruh ketinggiuan
terhadap kecepatan pancaran air.
5.
Diberikan fenomena dalam kehidupan sehari – hari siswa dapat
menerapkan konsep fluida dinamik dalam kehidupan sehari – hari.
V.
MATERI AJAR
Peta Konsep :
VI.
MODEL PEMBELAJARAN
Model / Strategi :
Pembelajaran Kooperatif
Tipe / Pendekatan :STAD (dengan melatihkan keterampilan kooperatif : bertanya, berada
dalam tugas,dan mendengarkan dengan
aktif )
Metode :
Ekperimen, Presentasi, Diskusi, Tanya
Jawab
VII.
INSTRUMEN PEMBELAJARAN
·
Silabus
·
RPP
·
Handout
·
Lembar Kegiatan Siswa
·
Kuis
·
Penilaian
VIII.
ALAT DAN BAHAN
·
Penggaris
·
Botol berlubang
·
Air
·
Meteran
IX.
KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
Kegiatan Pendahuluan (5 Menit)
|
Keterampilan yang Dilatihkan
|
|
Fase 1
Motivasi
|
||
1. Guru memberi motivasi
kepada siswa, dengan meminta salah
satu siswa maju ke depan. Guru menunjukan gambar pada slide, kemudian guru
menanyakan gambar apa yang ada dalam slide. Kemudian memanggil elita maju.
Memberi elita balon, kemudian elita meniup balon sehingga balon mengembang,
dan menanyakan mengapa balon dapat mengembang ?
|
Keterampilan Membuka Pelajaran
|
|
2. Mengaitkan motivasi
dengan materi yang akan dibahas dengan memberikan pertanyaan:
Dari gambar dan apa yang telah dilakukan teman mu apa
materi fisika apa yang kita pelajari ?
|
Memberi Motivasi
|
|
3. Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran yaitu untuk Menerapkan prinsip fluida dinamik dalam
teknologi.
4. Dan menyampaikan bahwa
akan belajar dengan kooperatif yang melatihkan keterampilan kooperatif : bertanya,
berada dalam tugas,dan mendengarkan
dengan aktif
|
Menyampaikan Tujuan
|
|
Kegiatan
Inti (30 Menit)
|
Keterampilan yang Dilatihkan
|
|
Fase 2
Mengajukan pertanyaan
|
||
1.
Guru membagi handout kepada masing-masing kelompok atau
siswa.
|
Keterampilan Mengelola Kelas
|
|
2.
Guru meminta siswa membabaca hand out.
3.
Guru mengajukan pertanyaan tentang
a.
Apakah yang dimaksud dengan fluida dinamik ?
b.
Dalam fluida dinamik, terdapat berapa azas ?
c.
Apa contoh fluida dinamik ?
|
||
Fase 3
Berpikir Bersama
|
||
4.
Guru memberikan lembar kerja siswa kemudian membagi siswa
untuk berkelompok, yang terdiri dari tiga kelompok. Masing-masing kelompok
terdiri dari 3 siswa.
5.
Guru memfasilitasi kelompok
6.
Guru menunjuk kelompok (perwakilan) untuk mempresentasikan
desain rancangan alat sesuai dengan permasalahan dan diskusi analisis hasil
kerja. Kemudian kelompok yang lainnya diberi kesempatan untuk bertanya.
|
Keterampilan Diskusi
|
|
Kegiatan Penutup (10 Menit)
|
Keterampilan yang Dilatihkan
|
|
Fase 4
Menjawab
|
||
1.
Guru memberikan kuis kepada setiap siswa ( dikerjakan
secara individu) untuk menentukan penghargaan setiap kelompok.
2.
Siswa mengkoreksi hasil pekerjaan temannya yang berlainan
kelompok.
3.
Guru memberikan kunci jawaban kuis yang diberikan siswa
mengkoreksi hasil temannya.
|
Keterampilan melatihkan bertanggung
jawab dan berperilaku jujur
|
|
1.
Guru memberikan penghargaan kepada setiap kelompok.
2. Guru bersama siswa
menyimpulkan hasil diskusi yang telah dilakukan selam pembelajaran dengan
menunjuk salah satu siswa untuk menyimpulkan hasil belajar pada pertemuan
kali ini. Guru membantu
siswa mengingat kembali (refleksi) dari penyelidikan dan proses yang telah
berlangsung selama pembelajaran dengan memberikan pertanyaan sebagai berikut.
a.
Apa
yang dimaksud fluida dinamik ?
b.
Jelaskan apakah besaran besaran yang
mempengaruhi azas bernouli dalam bejana berlubang ?
c.
Menurut
kalian, bagaimana kecepatan pancaran air pada ketinggian lubang yang berbeda?
|
Keterampilan menyimpulkan dan
hasil belajar ( refleksi )
|
|
X.
PENILAIAN
Terlampir.
Mengetahui
Surabaya,
19 mei 2014
Kepala SMA ................... Guru
Mata Pelajaran
.............................................. ..............................................
NIP NIP
0 komentar:
Posting Komentar