RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan : SMA 1 Lamongan
Mata pelajaran : Fisika
Kelas / semester : X ( Sepuluh ) / 2 ( dua )
Pokok Bahasan : Optik (Mikroskop)
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. KOMPETENSI INTI
KI. 1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI. 2 Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI. 3 Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
KI. 4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. KOMPETENSI DASAR
1.1 Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan
mengatur alam jagad raya melalui pengamatan
fenomena alam fisis dan pengukurannya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa
ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung
jawab; terbuka; kritis; kreatif;
inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi sikap dalam melakukan percobaan , melaporkan, dan berdiskusi
3.9 Menganalisis cara kerja alat optik menggunakan
sifat pencerminan dan pembiasan cahaya oleh cermin dan lensa
4.9
Menyajikan ide/rancangan
sebuah alat optik dengan menerapkan prinsip pemantulan dan pembiasan pada
cermin dan lensa
C. INDIKATOR
1.
Menjelaskan kegunaan dari
mikroskop.
2.
Menjelaskan bagian- bagian dari
mikroskop.
3.
Menjelaskan pembentukan
bayangan pada mikroskop dengan akomodasi maksimum.
4.
Menjelaskan pembentukan
bayangan pada mikroskop tanpa akomodasi.
5.
Menjelaskan sifat bayangan yang
terbentuk pada mikroskop.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
a.
Dengan membaca handout, siswa dapat menjelaskan kegunaan
dari mikroskop.
b.
Dengan membaca handout dan melihat animasi, siswa dapat
menjelaskan bagian- bagian dari mikroskop.
c.
Dengan membaca handout, siswa dapat menjelaskan pembentukan
bayangan pada mikroskop dengan akomodasi maksimum.
d.
Dengan membaca handout, siswa dapat menjelaskan pembentukan
bayangan pada mikroskop tanpa berakomodasi.
e.
Dengan membaca handout, siswa dapat menentukan nilai
perbesaran suatu mikroskop.
f.
Pada saat observasi, siswa
mampu menjelaskan sifat bayangan yang terbentuk pada mikroskop.
g.
Pada saat KBM, siswa mampu
mengajukan pendapat dan menanggapi pendapat orang lain.
h.
Pada saat KBM, siswa berani
menyimpulkan dari apa yang telah diamati
E. MATERI PEMBELAJARAN
1.
Kegunaan mikroskop.
2.
Bagian- bagian mikroskop.
3.
Pembentukan bayangan dengan
mata berakomodasi.
4.
Pembentukan bayangan dengan
mata berakomodasi.
5.
Sifat- sifat bayangan pada
mikroskop.
F. MODEL PEMBELAJARAN
1. Model : Pembelajaran Langsung
2. Pendekatan :
Scientific
3. Metode : - Eksperimen
- Presentasi
- Tanya jawab
- Tanya jawab
G. SUMBER BELAJAR
- Handout
- RPP
H. LANGKAH- LANGKAH
KEGIATAN
Kegiatan Pendahuluan (5
Menit)
|
Keterampilan yang Dilatihkan
|
Fase 1
Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
|
|
1. Guru mereview pengetahuan siswa tentang
alat optik, dengan meminta
siswa menyebutkan beberapa alat optik. Guru menyebutkan beberapa kegunaan dari
suatu alat optik lalu siswa diminta menebak alat optik apa yang dimaksud.
|
Keterampilan Membuka Pelajaran
|
2. Guru memberikan masalah:
“Bagaimana bisa benda yang sangat kecil yang tidak dapat dilihat oleh mata secara
langsung bisa terlihat ketika menggunakan mikroskop?”
|
Memberi Motivasi
|
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu memahami prinsip kerja pada mikroskop.
|
Menyampaikan Tujuan
|
Kegiatan Inti (30 Menit)
|
Keterampilan yang Dilatihkan
|
Fase 2
Mendemonstrasikan pengetahuan atau keterampilan
a.Pemahaman Deklaratif
|
|
1.
Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok kecil yang setiap
kelompok beranggotakan 3 siswa secara
heterogen.
|
Keterampilan
Membagi Kelompok
|
2.
Guru membagikan lembar handout dan meminta siswa untuk menggaris
bawahi hal-hal yang penting pada pokok bahasan alat optik sub pokok bahasan mikroskop.
|
Keterampilan Menggali Informasi Awal
|
3.
Guru mendiskusikan konsep yang sudah ditemukan oleh siswa melalui
handout dan penyajian melalui ppt dan animasi.
Ø Bagian- bagian dari mikroskop
Ø Prinsip kerja mikroskop
Ø Menentukan nilai perbesaran pada
mikroskop.
|
|
b.
Pengetahuan Prosedural
|
|
4.
Guru mendemonstrasikan bagaimana menentukan bayangan pada mikroskop
|
Keterampilan
Mendemonstrasikan
|
Fase 3
Memberi latihan terbimbing
|
|
1.
Guru memberikan Lembar Kerja Siswa (LKS) kepada masing-masing
kelompok.
|
Keterampilan Membimbing Praktikum
|
2.
Guru membimbing atau memfasilitasi kinerja
kelompok.
|
|
Fase 4
Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik
|
|
1.
Guru menunjuk kelompok (perwakilan) untuk
mempresentasikan hasil
diskusi kelompoknya tentang hasil percobaan yang telah dilakukan.
|
Keterampilan Membimbing Diskusi Kelas
|
2.
Guru mengecek pemahaman siswa dengan meminta kelompok lain untuk bertanya
dan atau memberikan tanggapan kepada kelompok yang sedang peresentasi
|
Keterampilan Mengecek Pemahaman dan Memberikan Umpan Balik
|
3.
Guru memberikan umpan balik kepada siswa dengan memberikan soal-soal
|
Kegiatan Penutup (10 Menit)
|
Keterampilan yang Dilatihkan
|
Fase 5
Memberikan kesempatan
untuk pelatihan lanjutan dan penerapam
|
|
Refleksi
|
|
1. Guru membantu
siswa mengingat kembali (refleksi) dari penyelidikan dan proses yang telah berlangsung selama
pembelajaran dengan memberikan pertanyaan yang menggunakan ranah kognitif
-
Sebutkan macam alat optik ?
-
Apa kegunaan dari mikroskop ?
-
Bagaimana sifat bayangan pada mikroskop yang terbentuk di lensa okuler?
-
Bagaimana sifat bayangan pada mikroskop yang terbentuk di lensa
objektif?
-
Bagaimana sifat bayangan akhir pada mikroskop?
-
Bagaimana menentukan perbesaran suatu mikroskop?
|
Keterampilan
Hasil Belajar
(Merefleksi)
|
2. Guru membimbing siswa untuk
menjawab permasalahan pada motivasi awal.
|
|
Pemberian Tugas
|
|
1. Guru
memberikan tugas pemantapan
kepada siswa berupa:
-
Mengerjakan soal yang dibagikan oleh guru (Lembar Evaluasi Siswa)
-
Membaca sub pokok bahasan selanjutnya untuk pertemuan selanjutnya.
|
Keterampilan Menutup Pembelajaran
(Pemberian Tugas Pemantapan)
|
I. PENILAIAN HASIL BELAJAR
- Tehnik penilaian
-
Tugas
-
Tes tulis
- Bentuk Instrumen
1.
Penilaian Pengetahuan
Lembar Evaluasi Siswa
1.
Apakah kegunaan suatu mikroskop?
2.
Sebutkan bagian- bagian dari
mikroskop dan kegunaannya!
3.
Bagaimankah pembentukan
bayangan pada mikroskop dengan akomodasi maksimum?
4.
Bagaimankah pembentukan
bayangan pada mikroskop tanpa berakomodasi?
5.
Perbesaran total sebuah
mikroskop adalah 100×, jika perbesaran yang dibentuk lensa objektif 5×, berapa
perbesaran lensa okulernya?
Petunjuk Penilaian:
Tiap nomor bernilai 20 poin
![](file:///C:/Users/Acer/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image002.gif)
Kategori baik jika nilai peserta
didik ≥75
2. Penilaian Sikap
Nama Peserta Didik : …………………
Kelas :
…………………
Tanggal Pengamatan : …………………
Materi Pokok :
…………………
No
|
Sikap yang
diamati
|
Melakukan
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Masuk kelas tepat waktu
|
||
2
|
Mengumpulkan tugas tepat waktu
|
||
3
|
Memakai seragam dan atribut sesuai tata tertib
|
||
4
|
Mengerjakan tugas yang diberikan
|
||
5
|
Tertib dalam mengikuti pembelajaran
|
||
6
|
Mengikuti praktikum sesuai dengan langkah yang
ditetapkan
|
||
7
|
Membawa buku tulis sesuai mata pelajaran
|
||
8
|
Membawa buku teks mata pelajaran
|
||
Jumlah
|
Petunjuk
Penskoran:
Jawaban “Ya” = skor 1
Jawaban “Tidak” = skor 0
![](file:///C:/Users/Acer/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image004.gif)
Ketentuan menurut Permendikbud No 81A tahun 2013:
Sangat Baik : apabila memperoleh skor : 3,33 < skor ≤ 4,00
Baik :
apabila memperoleh skor : 2,33 < skor ≤ 3,33
Cukup :
apabila memperoleh skor : 1,33 < skor ≤ 2,33
Kurang :
apabila memperoleh skor: skor ≤ 1,33
3.
Penilaian Kerja
No
|
Indikator
|
Hasil Penilaian
|
||
Baik (3)
|
Cukup (2)
|
Kurang (1)
|
||
1
|
Menyusun rancangan percobaan dengan benar
|
|||
2
|
Menggunakan alat sesuai dengan kegunaan dan
prosedur
|
|||
3
|
Merapikan dan mengembalikan alat yang telah
digunakan pada tempatnya
|
Rubrik:
No
|
Indikator
|
Hasil Penilaian
|
||
Baik (3)
|
Cukup (2)
|
Kurang (1)
|
||
1
|
Menyusun rancangan percobaan dengan rapi dan
benar
|
Susunan rancangan percobaan dengan rapi dan benar
|
Susunan rancangan percobaan benar tapi tidak rapi
|
Susunan rancangan percobaan salah
|
2
|
Menggunakan alat sesuai dengan kegunaan dan
prosedur
|
Menggunakan alat sesuai dengan kegunaan dan
prosedur
|
Menggunakan alat sesuai dengan kegunaan, tapi
tidak sesuai dengan prosedur
|
Menggunakan alat tidak sesuai dengan kegunaan dan
prosedur
|
3
|
Merapikan dan mengembalikan alat yang telah
digunakan pada tempatnya
|
Alat- alat yang telah digunakan dirapikan dan
dikembalikan pada tempatnya
|
Alat- alat yang telah digunakan dirapikan tapi
tidak dikembalikan pada tempatnya
|
Alat- alat yang telah digunakan tidak dirapikan
|
Kategori baik jika nilai peserta
didik ≥75
Mengetahui
Kepala SMA Guru
mata pelajaran
………………… ………………………
NIP NIP
👍👍
BalasHapus